Jumat, 18 Mei 2012

Kondisi Tanah Sepenggal kembali normal


Kondisi Tanah Sepenggal kembali normal

Rabu, 16 Mei 2012 14:27 WIB

.....Saat ini suasana telah kondusif, petani sudah kembali beraktivitas seperti biasa.....

Jambi (ANTARA Jambi) - Kapolres Bungo, Provinsi Jambi, AKBP Budi Wasono menyatakan, kondisi pascaperusakan Mapolsek Tanah Sepenggal oleh ratusan warga setempat telah kembali normal.

"Saat ini suasana telah kondusif, petani sudah kembali beraktivitas seperti biasa. Begitu juga yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil (PNS) telah bekerja seperti biasanya," ujar Kapolres saat dihubungi di Muarabungo, ibu kota Kabupaten Bungo, Rabu.

Menurut dia, pihaknya akan menginventarisir sejumlah kerusakan yang ditimbulkan akibat amuk massa tersebut.

Pada Selasa sore (15/5) sekitar pukul 16.00 WIB ratusan warga Tanah Sepenggal Kabupaten Bungo tiba tiba menyerang dan merusak Mapolsek setempat.

Laporan sementara dari Polres Bungo menyebutkan bahwa kejadian itu bermula dari anggota Polsek Tanah Sepenggal dan Polres Bungo melakukan razia 'dompeng' (penambang tanpa izin) di Desa Tanah Bekali.

Pada saat dilakukan razia pelaku melarikan diri namun barang bukti dompeng didapat dan ketika dalam perjalanan pulang anggota dihadang massa berkisar 150 orang dengan bersenjata tajam parang dan massa melempari batu pada petugas.

Merasa terdesak anggota polisi menembak dan mengenai warga bernama Hamdan (21), petani karet setempat dan peluru itu mengenai bagian paha sebelah kanan korban.

Massa tidak terima dan melakukan perusakan di rumah anggota Polsek atas nama Aipda Asnawi dengan memecahkan kaca rumah dan dilanjutkan merusak Mako Polsek dengan merusak kaca-kaca depan serta satu unit sepeda motor dinas dibakar massa.

Namun demikian, Kapolres menyatakan, pihaknya belum menetapkan adanya tersangka pada kejadian tersebut.

"Sampai saat ini belum ada, namun akan kami lakukan penyelidikan lebih lanjut," katanya.

Atas kejadian tersebut, Kapolda Jambi, Anang Iskandar langsung meninjau lokasi kejadian.

Pihak kepolisian bersama unsur Muspida Bungo sebelumnya juga telah melakukan negosiasi bersama masyarakat di Kecamatan Tanah Sepenggal agar kejadian itu tidak berbuntut panjang.

"Sampai saat ini kami masih bersama beliau (Kapolda Jambi). Mudah mudahan suasana sudah normal dan tidak ada lagi kejadian serupa," tambah Kapolres.(T.KR-BS)

Tidak ada komentar: